an

Waspadai Endapan "Lumpur" pada Mesin Mobil


Sumber: osborneparkautorepairs.com.au

Adanya endapan kotoran dalam mesin adalah salah satu tanda tidak sehatnya kondisi mobil. Endapan kotoran yang menyerupai lumpur ini terbentuk dari oli yang telah lama tak diganti dan telah terkena kontaminasi berlebih, suhu panas serta kerusakan aditif pada oli. Endapan kotoran pada mesin terbentuk dalam jangka waktu yang cukup lama dan biasanya bermula saat seorang pemilik kendaraan melewatkan waktu penggantian oli atau tetap berkendara bermil-mil melebihi interval waktu penggantian oli yang direkomendasikan.

Lalu kira-kira skenario apa saja yang bisa mengubah oli mesin mobil Anda dari baru dan bersinar menjadi lengket menghitam dan akhirnya tak mampu lagi menjadi pelindung bagi mesin?

  • Menunda-nunda ganti oli mesin. Seiring waktu, oli di dalam mesin terkontaminasi dengan besi, asam dan temperatur udara hingga bertransformasi menjadi endapan kotoran. Rajinlah mengganti oli mesin, sebelum "lumpur" yang kelak dihasilkannya menginfeksi bagian-bagian mesin mobil.
  • Tekanan berkepanjangan dan panasnya suhu di dalam kap mesin dapat menyebabkan terbentuknya endapan "lumpur" pada mesin. Karena itulah, kelembaban menjadi faktor yang teramat penting dalam menjaga kondisi oli. Hindari tekanan pada mesin dan oli dengan rajin menggantinya secara berkala. Selamatkan mesin mobil dan isi dompet Anda dari kerusakan yang dihasilkan oleh "lumpur" pada mesin.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment