an

Kompetisi Xenia vs Ertiga dalam Hal Keamanan (Safety)

Xenia vs Ertiga, kata tersebut tentu sudah tidak asing lagi di dunia otomotif Tanah Air, karena kedua merk mobil ini terus berkompetisi untuk merebut pasar otomotif Tanah Air.

Di tengah persaingan Xenia vs Ertiga yang kian ketat, kali ini saya akan menitik beratkan review pada kendaraan Xenia dari sisi keamanan atau safety, karena saya adalah salah satu pengguna mobil Xenia jadi review terhadap mobil produksi Daihatsu ini tentu akan lebih mendalam karena saya telah merasakan dan mencoba sendiri berbagai fitur-fitur baru yang telah diaplikasikan pada mobil Xenia.

Dual airbag mobil Xenia (Xenia vs Ertiga)
Dual SRS Airbag Xenia

Salah satu fitur keselamatan yang wajib dimiliki oleh sebuah kendaraan adalah Airbag. Airbag merupakan fitur keselamatan yang berfungsi untuk melindungi dada dan kepala pengemudi maupun penumpang depan dari benturan stir atau dashboard saat terjadi tabrakan.

Airbag Xenia vs Ertiga, Suzuki Ertiga memiliki fitur keselamatan airbag, namun Suzuki Ertiga memberikan fasilitas Airbag hanya pada varian atau tipe tertingginya saja. Namun di mobil Xenia, semua tipe telah dilengkapi oleh fitur keselamatan airbag.  

Tidak bisa dipungkiri bahwa fitur airbag merupakan salah satu daya tarik bagi para konsumen. Melihat realita tersebut dan besarnya keinginan konsumen akan fitur keselamatan pada kendaraan, di tahun 2013 ini, Daihatsu meluncurkan produk improvement Xenia X-tra Aman X-tra Nyaman, yang merupakan Minor Change dari Xenia generasi sebelumnya, dengan penambahan fitur-fitur keselamatan dan penyegaran di sisi interior. Peningkatan kualitas ini dilakukan berdasarkan survey terhadap permintaan konsumen, sehingga Xenia kini menjadi Sahabat Keluarga yang makin diminati, dan tentunya juga makin aman serta makin nyaman.

Daihatsu Xenia kini hadir dengan Dual SRS Airbag, yang merupakan salah satu terobosan baru untuk mendukung konsep X-Tra Aman sebagai fitur keselamatan tambahan pada Xenia. Fitur keselamatan Airbag ini terdapat pada seluruh varian Xenia dengan spesifikasi yang sama. Indicator Airbag pada Xenia terletak di tachometer.

Seat belt Pretensioner dan Force Limiter Xenia

Untuk meningkatkan kompetensi Xenia vs Ertiga, Daihatsu mendukung Xenia dengan kinerja Dual SRS Airbag, Xenia juga menambahkan fitur Pretensioner dan Force Limiter pada seat beltnya. Seatbelt pretensioner ini berfungsi untuk mengencangkan sabuk pengaman 150 mm saat terjadi tabrakan keras, sehingga tubuh tetap berada pada posisinya dan mencegah gerakan dada ke depan. Sedangkan force limiter berfungsi untuk mengurangi tekanan berlebih pada bagian dada sebesar 200 mm sehingga mencegah cedera. Suzuki Ertiga belum menggunakan seat belt pretensioner dan force limiter sebagai salah satu fitur keselamatan aktif saat terjadi benturan keras. Indikator seat belt pada Xenia terletak di bawah panel speedometer sebagai peringatan untuk selalu menggunakan seat belt.

Fitur Keselamatan (Safety Features) Lain yang Diberikan Oleh Xenia.

Selain Airbag serta pretensioner & Force limiter seat belt, Xenia juga dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan lain seperti :

  • knee pad yang berfungsi untuk melindungi lutut agar tidak terhimpit oleh dashboard ketika terjadi benturan;
  • Collapsible Brake Pedal dimana pedal rem akan langsung patah ke dalam saat terjadi benturan sehingga tidak menjepit kaki pengemudi;
  • Collapsible Steering Column untuk mencegah stir menghantam pengemudi apabila terjadi tabrakan; dan
  • Body Reinforcement dengan menambahkan penguat di beberapa titik body untuk memperkuat struktur body. Sementara itu, pada Suzuki Ertiga hanya memiliki collapsible steering column sebagai fitur keselamatan tambahannya.
Sertifikasi ASEAN NCAP untuk Xenia

Seluruh fitur keselamatan Xenia telah mendapatkan sertifikasi dari ASEAN NCAP (New Car Assessment Program) yang tidak dimiliki oleh Suzuki Ertiga. Dengan fitur keamanan yang lebih lengkap, Xenia lebih cocok bagi keluarga indonesia yang menginginkan mobil dengan fitur keamanan yang sempurna.

Melalui sertifikasi ASEAN NCAP, terbukti bahwa fitur keselamatan Airbag serta Pretensioner & Force Limiter Seat Belt Xenia memiliki kualitas internasional. Pengetesan ini telah diuji di laboratorium Malaysian Road Safety Research (MIROS) di Malaysia. Sertifikasi ASEAN NCAP inilah yang tidak dimiliki Ertiga. Hal ini tentunya akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap produk Xenia yang semakin X-tra aman.

Persaingan Xenia vs Ertiga yang kian ketat tentu harus menjadikan kita sebagai konsumen yang cerdas dalam memilih produk, kita harus teliti sebelum membeli dan melihat berbagai aspek atau jeli dalam melihat kelebihan dari berbagai fitur-fitur yang ditawarkan.

Well, pilih mana, Xenia vs Ertiga? Pilihan ada ditangan Anda. Be smart customer guys...

Oleh: Way

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment