an

Memakai Oli Mesin Mobil untuk Sepeda Motor?


Sumber: img.allw.mn

Bolehkah oli mesin untuk mobil digunakan pada sepeda motor? Pertanyaan itu tentu kerap muncul di benak para pengendara kendaraan roda dua tersebut. Faktanya, menggunakan oli mesin yang telah diformulasikan untuk mobil terbukti aman bila digunakan pada sepeda motor, asalkan produk oli tersebut mempunyai tingkat kekentalan sesuai dan kondisi mesin sepeda motor yang terawat.

Semua produk oli mesin mempunyai rating dan tingkat kekentalannya masing-masing. Semakin rendah ratingya, makin encer oli tersebut, sehingga dapat mengalir dengan lebih mudah. Hal ini takkan menjadi masalah pada suhu dingin, namun seiring dengan memanasnya mesin, kualitas oli dapat dengan cepat menurun dan berubah menjadi panas. Karena masalah itulah, kebanyakan konsumen di daerah panas (misalnya, Indonesia) lebih memilih untuk membeli oli dengan tingkat kekentalan tinggi agar kondisi mesin tetap aman saat berkendara.

Rumor yang beredar tentang oli untuk mobil dapat merusak mesin sepeda motor adalah tidak benar. Hal ini karena mesin sepeda motor dioperasikan melalui proses pembakaran internal yang kurang lebih sama dengan mobil.

Penelitian secara ilmiah menggunakan merk dan tipe oli yang sama menunjukkan bahwa mesin sepeda motor memang lebih cepat membuat kualitas oli menurun dibanding mobil. Kualitas oli rusak akibat pengulangan sirkulasi yang ia terima di dalam mesin, memperpendek umur polimer di dalamnya, menyebabkan kekentalan oli turun. Selain itu, peningkatan oksidasi dan panas akibat proses pembakaran yang berulang-ulang dalam mesin juga mempercepat kerusakan kualitas oli.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment