an

Tanda-tanda Ignition Coil Kendaraan Sudah Tak Sehat


Sumber: autohausaz.com

Apabila performa kendaraan Anda naik turun dan bermasalah pada saat dijalankan, bisa jadi ada kerusakan pada ignition coil (koil pengapian). Ignition coil bertugas mengangkut tenaga dari generator dan mengantarkannya ke busi. Proses itu membuat terjadinya pembakaran BBM sehingga kendaraan akhirnya dapat berjalan. Lalu apa saja gejala-gejala penurunan performa ignition coil pada kendaraan?

Knalpot yang meledak-ledak
Ini adalah gejala awal dari kerusakan ignition coil yang terjadi karena adanya aliran bahan bakar tak terpakai pada sistem pembuangan. Knalpot juga akan mengeluarkan asap hitam serta muncul bau bensin. Jika dianggap remeh, sistem pembuangan (exhaust) kendaraan bisa menjadi korban, demikian juga dengan isi dompet Anda.

Problem saat kendaraan dinyalakan
Masalah ini juga berkaitan dengan HT Leads, distributor pada mesin dan busi. Kegagalan ignition coil dalam beroperasi mengakibatkan busi tidak mendapat jumlah percikan yang cukup.

Boros bahan bakar
Saat busi tak mendapat aliran tenaga yang cukup, mesin akan mengeluarkan tenaga ekstra dan menyedot bahan bakar lebih banyak.

Mesin "terbatuk-batuk"
Memaksa kendaraan beroperasi dengan adanya kerusakan ignition coil akan mengakibatkan bunyi-bunyi kasar pada mesin. Selain itu, kendaraan akan sering "batuk dan merepet" saat dijalankan, apalagi pada kecepatan tinggi. Kendaraan juga akan bergetar hebat saat berhenti dalam keadaan mesin menyala.

Sering mogok atau mesin mati saat kendaraan berhenti
Akibat ignition coil yang tidak sehat, kendaraan tak mendapat jumlah percikan api yang seharusnya agar mesin tetap menyala.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment