an

Ayo Kenali Bahan Dasar Brake Pad Mobil


Sumber: hemmings.com

Sebenarnya seberapa lama bantalan rem pada mobil dapat bertahan? Berapakah hitungan waktu yang tepat untuk menggantinya? Meski jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa jadi bervariasi, ada baiknya kita mengenali dahulu dari tipe bahan apa bantalan rem kendaraan terbuat. Masing-masing tipe bahan dasar bantalan rem ini mempunyai karakteristiknya masing-masing yang mau tak mau berpengaruh juga pada masa pakainya.

Organic
Terbuat dari bahan fiber yang dipadu sedemikian rupa untuk membentuk sebuah bahan komposit. Bahan tersebut lalu diramu dengan grafit, logam bubuk dan (bahkan) kulit kerang.

Semi logam
Bantalan (pad) ini adalah campuran dari bahan organik dan logam-mulai dari baja, besi, sampai tembaga-semuanya dicetak dan disatukan. Bantalan yang terbuat dari bahan ini lebih keras dan lebih tahan terhadap panas.

Logam
Bahan ini, terbentuk dari berbagai campuran logam yang dulunya digunakan pada arena balap. Seiring kemajuan jaman dan pengembangan teknologi bantalan rem organik atau semi logam, bantalan rem yang terbuat dari bahan logam ini kini dianggap sedikit 'kuno'.

Sintetik
Sering disebut juga sebagai bantalan rem keramik. Terbuat dari bahan komposit campuran bahan non-organik dan non-logam, biasanya fiberglass atau serat aramid. Bantalan rem dari bahan ini lebih berat, lebih kuat, lebih awet, serta mempunyai kemampuan untuk menyetop roda lebih bagus dibandingkan bahan lainnya. Sayangnya, harganya juga 2 kali lipat lebih mahal.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment