an

Bagaimana Sesungguhnya Iklim Mempengaruhi Oli Mesin Mobil Anda?


Sumber: powervampracing.com

Cuaca yang ekstrem, baik itu terlalu panas atau terlalu dingin, dapat menyebabkan kerusakan lebih cepat pada oli. Hal tersebut mendorong oli mesin harus diganti lebih cepat dan lebih sering. Dibawah ini adalah hubungan antara iklim dengan kualitas oli.

Gunakan oli mesin yang relatif cair pada suhu dingin
Jika kebetulan Anda tinggal di daerah bersuhu dingin, oli mesin Anda akan mengental seiring turunnya temperatur. Akibatnya? Oli menjadi lebih sulit dipompa saat startup, hingga potensial menyebabkan mesin macet dan susah dinyalakan. Ingat, oli yang lebih cair ideal untuk cuaca dingin.

Oli dengan tingkat kekentalan tinggi bertahan lebih bagus pada cuaca panas
Untuk daerah beriklim panas, oli mesin yang kental adalah sebuah keharusan karena panas mesin yang tinggi dapat mencairkan oli mesin. Apabila Anda tak mempunyai oli dengan tingkat kekentalan tinggi dalam sistem, oli dapat berubah menjadi lebih cair dengan mudah, dan bisa menimbulkan resiko metal-on-metal contact. Percayalah, Anda takkan mau mendengar suara besi beradu dari dalam mesin Anda.

Bagaimanapun, pastikan untuk mengecek manual book mobil Anda dan diskusikan bersama teknisi bengkel terpercaya untuk pemilihan oli mesin yang sesuai dengan tempat tinggal Anda.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment