an

Beberapa Limousine Paling Iconic


Sumber: chaffeelimo.com

Limousine (limo) adalah kendaraan super mewah yang hanya dipakai oleh beberapa orang spesial saja di dunia ini. Mau tahu apa saja limousine-limousine paling iconic dan paling terkenal yang ada di dunia?

Cadillac 1928 warna hijau milik Al Capone
Tunggu. Milik siapa? Al Capone? Jangan takut dan kabur dulu, karena limo ini memang bersejarah. Berhubung ini milik Al Capone, limo ini dilengkapi dengan kaca anti peluru dan lapisan baja pelindung pada body. Setelah riwayat Al Capone tamat, Cadillac hijau ini sempat dipakai oleh Presiden Amerika Serikat era tahun 30-40an, Franklin D. Roosevelt. Wow.

Cadillac Fleetwood 75 1960 warna putih milik Elvis Presley
Kendaraan si raja Rock 'n' Roll ini didesain khusus oleh pencipta Batmobile (ya betul, Batmobile!), George Barris. Lapisan cat-nya ada 40 lapisan, dan mengandung mutiara, debu-debu intan serta sirip ikan. Tiap bagian eksterior luarnya bahkan dilapisi emas. Betul-betul kendaraan seorang raja.

Bentley State Limousine-nya Ratu Elizabeth II
Saat event Golden Jubilee tahun 2002, Bentley Motors mempersembahkan Ratu penguasa Britania mobil ini sebagai kendaraan resminya. Mesin twin turbo V8 bertenaga 400 tenaga kuda memang pantas untuk sang Ratu, yang biasa menggunakan limo ini untuk event-event resmi kenegaraan dan tiap pergi ke gereja.
 
Renault 4L putih milik Paus Francis
Paus Francis memang lebih banyak menggunakan Mercedes Benz saat perjalanan dinas atau bahkan mengemudikan sendiri Ford Focus-nya. Namun, saat ia berkeliling ke seluruh Vatikan, ia lebih sering terlihat dengan Renault 4L putih yang unik dan eksotik.

Zavod Imeni Likhachova (ZiL) Limousine milik Presiden Putin
Pada dasarnya, ZiL lebih banyak memproduksi truk, bus, mobil salju, atau kendaraan militer. Untuk menunjukkan kelas politiknya saat itu, Putin bersikeras untuk memakai limo buatan produsen otomotif asli Rusia. Ironisnya, selain dipakai oleh presiden, limo ini juga banyak digunakan oleh para pembesar gangster-gangster Negara Beruang Merah tersebut.

Rolls-Royce Phantom V 1965 milik John Lennon
Rolls-Royce adalah kebanggaan Inggris. Dan John Lennon saat itu tak hanya cukup kaya raya untuk membeli Phantom V, namun juga menghiasnya dengan warna kuning dan dekorasi ala wagon Romawi kuno (mari kita sebut saja ini gaya psikedelik). Lucunya, limo ini pernah diserang memakai payung oleh seorang wanita tua yang mengganggap Lennon telah lancang dengan berani melakukan itu pada sebuah Rolls-Royce.

"Road Force One" milik Presiden Amerika Serikat
Biasa disebut dengan nama "Beast" oleh para pengawal pribadinya, limo ini sekilas terlihat mirip dengan Cadillac. Meski begitu, sebenarnya Beast adalah hasil modifikasi custom dari truk General Motors (kemungkinan besar Chevrolet Kodiak, pihak Gedung Putih sangat merahasiakan asal usul Beast). Soal teknologi perlindungan yang ada di limo ini lebih baik tak usah ditanya lagi, semua komponennya memberikan standar baru bagi keamanan seorang pejabat negara.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment