an

Cara Mudah Mempertahankan Kesehatan Mobil


Sumber: hasslefreeblog.files.wordpress.com

Meskipun sangat umum, beraneka bentuk dan merk-nya serta dipakai jutaan orang, perawatan mobil kadang dipandang sebelah mata. Dan layaknya kebanyakan alat-alat lainnya dalam kehidupan kita, mobil juga mengalami nasib sama; kita tak begitu paham bagaimana ia beroperasi sampai terjadi kerusakan atau membutuhkan perawatan. Ada banyak sekali cara mudah untuk terus memaksimalkan efisiensi dan menambah umur kendaraan, bahkan bila Anda tidak begitu mengerti tentang otomotif.

Patuhi jadwal servis berkala
Betul sekali. Anda harus mendedikasikan sebagian waktu Anda untuk mengajak mobil ke bengkel untuk di-servis. Biarkan mobil mendapatkan perawatan yang seharusnya ia dapat.

Sering-seringlah memeriksa kadar cairan dan udara
Cek semua kadar cairan yang dibutuhkan masing-masing "organ" mobil. Mulai dari oli mesin, power steering fluid, minyak rem, air radiator, dll. Jangan lupakan juga tingkat tekanan udara ban mobil Anda.

Kurangi beban mobil
Makin banyak dan makin berat muatan mobil Anda tiap harinya, makin besar energi yang ia butuhkan. Hal itu berlanjut kepada makin keras mesin sebuah mobil bekerja. Ada baiknya menurunkan semua muatan berat di mobil apabila sudah selesai digunakan.

Dengarkan "keluhan" mobil
Mendengarkan lagu-lagu favorit sambil berkendara memang sangat nikmat dan menyenangkan. Tapi cobalah sesekali untuk berkendara selama beberapa puluh kilometer dalam kesunyian. Dengar dan perhatikan tiap bunyi yang keluar dari mobil Anda. Apakah ada yang aneh, lucu atau tak lazim? Beberapa bunyi-bunyi tersebut bisa jadi tanda awal masalah. Berikan mobil anda waktu untuk "curhat" dan ia mungkin akan "menceritakan" semuanya.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment