an

Tips Memilih Mobil yang Aman untuk Bayi dan Balita


Sumber: img.webmd.com

Hal-hal apa sajakah yang harus diperhatikan saat memilih mobil yang aman bagi bayi atau balita Anda? Fitur-fitur keamanan apa saja yang harus dimiliki mobil yang akan Anda beli? Apa yang harus Anda periksa di mobil yang mau dibeli itu? Tips-tips di bawah ini mungkin bisa membantu.

Yang pertama harus Anda periksa adalah membawa child seat saat test drive. Memang beberapa mobil sudah dilengkapi dengan sistem LATCH (Lower Anchors and Tethers for Children), tapi itu tak berarti memasukkan dan mengeluarkan bayi Anda akan sama mudahnya pada tiap mobil bukan? Saat ini bayi Anda mungkin belum membutuhkan child seat, namun ada baiknya Anda membawanya saat test drive untuk memeriksa mobil mana yang paling mudah dan lega untuk pemasangan child seat.

Ada baiknya Anda juga membawa bayi saat test drive. Oke, kalau belum punya, bawalah boneka. Mungkin terdengar konyol, namun tak inginkah Anda mengetahui tingkat kesulitan saat memasukkan, mengeluarkan dan membawa bayi Anda nantinya? Apakah pintu mobilnya membuka cukup lebar? Saat duduk di kursi depan, dapatkah Anda meraih sabuk keselamatan kursi belakang untuk dipasang dengan mudah? Beberapa mobil modern yang ada saat ini terkadang mempunyai desain yang membuat Anda sulit atau terlalu jauh dari kursi belakang tempat bayi (balita) Anda duduk.

Saat test drive, Anda juga baiknya membawa aksesoris bayi. Mulai dari stroller, tas popok, tempat mainan, dll. Lihat space yang ada untuk menaruh barang-barang tersebut. Mudahkah Anda raih? Pikirkan juga kemudahan saat harus memasukkan dan mengeluarkan barang-barang itu.

Sebagai orang tua, Anda pasti ingin memastikan bayi/balita Anda tidak kepanasan atau kedinginan di dalam mobil, tergantung situasi dan kondisi. Periksa temperatur kontrol pada mobil dan duduklah pada kursi belakang lalu rasakan bagaimana sirkulasi udara dan hembusan dari sistem air conditioning mobil.

Terakhir, pilihlah mobil yang interiornya mudah untuk dibersihkan, baik dari bahan ataupun space yang ada. Saat nanti Anda sudah punya bayi/balita di dalam mobil, percayalah, hal ini akan amat sangat membantu.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment