an

Pengaruh Cara Berkendara pada Oli Mesin


Sumber: mag1.com

Jika boleh diibaratkan, oli mesin adalah "drama queen" dari kendaraan Anda. Harus selalu diperiksa, diperhatikan dan menuntut untuk selalu diganti. Meski begitu, oli tetaplah penting karena menjadi pelindung utama mesin Anda. Menggantinya sesuai prosedur adalah salah satu syarat utama agar kesehatan mesin kendaraan selalu terjaga.

Kondisi kualitas oli dalam mesin dipengaruhi oleh banyak hal. Salah satu faktornya adalah kondisi saat Anda mengemudi. Jika Anda merasa hal-hal dibawah ini sering dilakukan saat berkendara, maka ada baiknya Anda mengganti oli lebih sering agar kesehatan mesin kendaraan lebih terlindungi.

Apakah Anda sering berkendara jarak dekat?
Menyetir jarak dekat secara sering dan berulang-ulang membuat oli mesin tidak punya waktu cukup untuk mencapai temperatur optimal dalam beroperasi. Kondisi ini memungkinkan uap air hasil kondensasi dan panas pembakaran dalam mesin mencairkan oli, mempercepat penurunan kualitasnya serta memperpendek umur komponen-komponen mesin kendaraan.

Apakah Anda sering berkendara dalam kondisi temperatur yang tinggi (panas)?
Panas berlebihan menyebabkan kerusakan oli yang memperbesar kemungkinan munculnya "lumpur" dan kotoran lainnya pada mesin. Temperatur tinggi juga membuat oli menjadi mudah cair sehingga menurunkan kualitas dalam menjaga gesekan antar logam di dalam mesin (percayalah, Anda takkan mau hal ini terjadi). Kondisi ini biasanya makin diperburuk bila kendaraan sering membawa atau menderek beban berat terlalu sering.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment