an

Pengaruh Cuaca dan Suhu Udara Pada Mesin Mobil


Sumber: s.imwx.com 

Terkadang, efek perubahan cuaca dan temperatur yang "menyerang" mobil Anda belum mendapatkan perhatian yang seharusnya. Misalnya saja pada bagian-bagian kecil dari mesin, terutama partikel-pertikel kecil terbuat dari karet, yang harus menghadapi drastisnya perubahan cuaca dari panas ke dingin dan sebaliknya. Hal tersebut dapat mendatangkan efek buruk seperti keausan serta resiko robek/putus.

Berikut adalah beberapa poin penting yang bisa langsung terpengaruh oleh suhu cuaca dan tips singkat untuk mengatasinya agar kondisi kendaraan tetap sehat, membantu menghemat bujet perawatan kendaraan, sekaligus menjaga keamanan Anda sekeluarga saat berkendara.

Sistem Pendingin
Untuk selalu bekerja dalam kondisi optimal, suhu mesin menjadi salah satu faktor vital dalam mobil. Hal ini tentunya terkait erat dengan radiator, sehingga membersihkan kondisi radiator dari residu-residu dan kotoran lainnya tentu harus dilakukan berkala. Selain itu, faktor kualitas dan kekentalan radiator fluid serta kondisi kipasnya juga sangat berpengaruh.

Baterai
Kondisi baterai kendaraan yang buruk adalah salah satu penyebab utama mesin mogok. Menurunnya kualitas baterai mobil juga bisa terjadi akibat naik turunnya suhu mesin. Cek dan bersihkan selalu kondisi terminal dan kabel-kabel. Asam sulfat, yang biasanya muncul seiring waktu penggunaan, seringkali menjadi sebab kerusakan pada terminal dan koneksi yang dapat menyebabkan matinya baterai.

Oli Mesin
Oli mesin adalah faktor penting dari perlindungan mesin. Ia melumasi dan menghindarkan aus pada bagian-bagian vital mesin seperti piston dan silinder. Panas dan suhu tak teratur dapat menurunkan kualitas oli. Bila tak rajin diganti, secara jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan parah pada mesin.

Cat Mobil
Teriknya sinar matahari dapat memudarkan keindahan warna mobil Anda. Belum lagi kondisi jalanan yang berubah-ubah mengikuti cuaca. Rajinlah mencuci mobil dan sebisa mungkin gunakan wax setelahnya.

Ban
Tekanan udara dalam ban memegang peranan penting dalam keselamatan Anda. Perbedaan suhu udara yang drastis antara teriknya siang dan dinginnya malam juga dapat merusak kondisi karet ban mobil Anda.

Saringan Udara (Air Filter)
Tugas utama saringan udara adalah menjaga supaya debu dan kotoran apapun tidak masuk ke dalam mesin. Sering-seringlah periksa kondisi saringan udara mobil Anda karena kebersihannya menjaga bagaimana mesin "bernafas" dan konsumsi bahan bakar sebuah kendaraan.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment