an

Kenali Pertanda Awal Kerusakan Pompa Bahan Bakar


Sumber: ewsroom.aaa.com

Meski dirawat dengan baik, beberapa bagian dari mesin kendaraan tetap saja membutuhkan penggantian apabila sudah saatnya. Pompa bahan bakar (fuel pump) adalah salah satu bagian vital mesin yang juga harus cepat diganti bila sudah menunjukkan tanda-tanda penurunan performa. Apa saja lalu tanda-tanda tersebut?

Salah satu tanda awal dari pompa bahan bakar yang rusak adalah kemunculan suara mengganggu yang cukup nyaring saat mesin pertama kali dinyalakan. Perbedaan tipe pompa juga kadang menghasilkan bunyi yang berbeda-beda pula, ada yang digambarkan seperti bunyi cerek air saat mendidih dan ada juga yang seperti bunyi kuku menggores papan tulis kapur.

Masalah saat kendaraan berakselerasi juga bisa menjadi pertanda memburuknya kondisi pompa bahan bakar. Hal ini terjadi karena pompa tak mampu lagi menyuplai jumlah bahan bakar yang seharusnya didapat mesin untuk beroperasi secara optimal menuju level puncaknya.

Indikasi lain dari pompa bahan bakar yang mulai rusak adalah rendahnya tekanan pada bahan bakar (low fuel pressure). Bagian terpenting yang membuat proses pembakaran pada mesin berjalan mulus adalah tekanan konstan dari pompa agar bahan bakar masuk ke dalam sistemnya. Saat pompa mengalami malfungsi, tekanan tersebut tidak dapat dipertahankan. Berbagai akibat dari penurunan tekanan ini salah satunya adalah mesin yang tidak menyala saat di-starter.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment