an

Agar Rem Mobil Terhindar dari "Masuk Angin"


Sumber: alcester-racing-sevens.com

Rem adalah faktor terpenting untuk keselamatan pada mobil. Dan seperti komponen lainnya pada mobil, sistem pengereman membutuhkan perawatan reguler agar tetap berfungsi optimal. Salah satu cara untuk mempertahankan kesehatan rem adalah dengan melakukan proses brake bleeding (membuang angin) pada keseluruhan sistemnya.

Keseluruhan fungsi sistem rem bergantung pada kekuatan hidrolik dari brake fluid (minyak rem). Kendaraan-kendaraan di era modern sekarang menggunakan teknologi rem yang digerakkan secara hidrolik, dengan menggunakan brake fluid untuk mentransfer tekanan dari pedal di silinder utama pada masing-masing rem.

Namun seiring waktu, udara yang masuk membawa kelembaban pada fluid, mengurangi efektivitas rem dan membahayakan keselamatan Anda sekeluarga. Kasus umum masuknya udara dalam sistem terjadi karena pad (bantalan) rem yang usang menurunkan level brake fluid di dalam silinder utama, sehingga memompa udara dari luar masuk. Tanda-tanda awal masuknya udara dalam sistem rem adalah pedal rem yang terasa lebih lembut dari biasanya saat diinjak (seperti menginjak spons) dan pedal rem terasa seperti bergeser seolah mendekat ke karpet mobil. Inilah saatnya Anda melakukan brake bleeding pada mobil.

Proses brake bleeding dapat menghilangkan udara dari sistem rem. Karena harus menguras keseluruhan isi sistem, berarti brake fluid juga harus diganti. Mengganti brake fluid akan kembali meningkatkan kualitasnya, setelah cairan tersebut terkontaminasi oleh berbagai hal selama ribuan kilo meter digunakan. Brake fluid adalah campuran kimia spesifik yang telah didesain mempunyai ketahanan panas dengan titik didih tinggi, namun tetaplah mempunyai masa pakai.  

Brake bleeding sebaiknya dilakukan setiap 2 atau 3 tahun sekali untuk mempertahankan kinerja sistem rem tetap optimal. Atau, saat gejala-gejala yang dijelaskan di atas mulai muncul dan terasa. Selain itu, agar sistem rem tetap berjalan optimal, pastikan Anda mengganti bantalan rem pada waktunya untuk mengurangi kemungkinan masuknya udara ke dalam sistem rem.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment