an

Beberapa Inovasi Keamanan Paling Berguna pada Mobil


Sumber: autoguide.com

Produsen-produsen otomotif hingga saat ini terus mengembangkan berbagai penelitian yang mampu menambah tingkat keselamatan pengendara. Mulai dari sabuk pengaman, airbags, sinyal parking assistance, dan banyak lagi. Kira-kira apa saja inovasi fitur keamanan pada mobil yang dikembangkan? Beberapa di bawah ini adalah yang paling inovatif dan berguna.

Blind Spot Information System with Cross-traffic Alert dari Ford
Sistem ini menggunakan dua modul beam radar yang mampu mendeteksi keberadaan mobil lain di area blind spot pengemudi. Ia 'merasakan' objek tak terlihat yang ada di samping dan memperingatkan pengemudi dengan sebuah lampu indikator. Ford juga mengembangkan Cross-traffic Alert, yang memberitahu pengemudi apabila kendaraan lain semakin dekat (terlalu dekat) saat berada di jalan atau di lahan parkir.

City Safety milik Volvo
Berfungsi untuk mencegah mobil Anda menabrak bagian belakang mobil di depan dengan sebuah pengereman otomatis. Menggunakan sensor infra merah untuk memonitor area depan mobil saat sudah melaju dengan kecepatan 3-30 kilo meter/jam. City Safety mengaktifkan rem ketika kondisi lalu lintas di depan mengharuskan mobil berhenti secara tiba-tiba.

Collision Mitigation dari Honda
Ditempatkan pada grill depan, sistem ini memonitor kecepatan dan jarak mobil dengan lalu lintas di depannya. Ketika sistem membaca kemungkinan adanya tabrakan dengan mobil di depan, ia akan mengedipkan lampu peringatan, menarik sabuk pengaman lebih kencang secara otomatis dan memulai proses pengereman untuk mengurangi resiko akibat tabrakan.  

Audi Lane Assist
Fitur dari Audi ini memberikan peringatan secara visual dan bunyi ketika mobil sudah tidak berjalan sesuai jalurnya lagi. Tak seperti sistem-sistem lainnya, ia tidak campur tangan dalam proses mengemudi yang sebenarnya, namun akan mengirimkan getaran pada roda setir/kemudi terhadap perubahan tak terduga di jalan. Sistem ini terbukti ampuh untuk mengurangi resiko celaka pada pengemudi yang mengantuk.

Night View Assist PLUS dari Mercedes-Benz
Teknologi inovatif ini memperingatkan pengemudi pada keberadaan pejalan kaki, kendaraan lain atau binatang yang ada di jalan/pinggir jalan saat malam hari. Menggunakan kamera infra merah, ia mendeteksi objek-objek tersebut dan menyorotnya dengan image night view berkualitas tinggi.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment