an

Hal-hal Buruk Akibat Kemacetan pada Mobil


Sumber: keithbrown.com

Bagi Anda yang menggunakan mobil pribadi untuk aktivitas sehari-hari, kemacetan tentu telah menjadi 'makanan' yang sudah harus diterima dengan lapang dada. Selain dapat menyebabkan stres, pusing-pusing, kecapekan, perekonomian keluarga memburuk, dll pada si pengendara, kemacetan panjang lalu lintas juga dapat berakibat buruk pada mobil. Apa saja sebenarnya efek buruk kemacetan bagi mobil Anda?

Membentuk endapan kotoran pada mesin
Saat Anda sibuk menginjak gas dan rem berulang-ulang menembus macet, berhenti, jalan lagi, lalu berhenti lagi, begitu seterusnya, mesin mobil Anda mengalami banyak hal buruk. Dalam keadaan mesin menyala namun tak dijalankan (idle), sistem ventilasi mesin berada pada kondisi terlemahnya. Keadaan ini membuat gas asam sisa pembakaran dan bahan bakar yang tak sepenuhnya terproses tinggal pada mesin lalu membentuk sesuatu yang tidak akan pernah Anda suka; endapan kotoran. Proses pengendapan kotoran pada mesin ini mobil Anda alami setiap hari, pagi dan sore, tanpa henti.

Ganti oli mesin lebih sering
Setiap orang yang biasanya berkendara di lalu lintas yang padat atau sering bepergian dengan mobil untuk jarak dekat, harus lebih sering mengecek dan mengganti oli mesin mereka. Ingat, oli adalah 'darah' bagi mesin mobil Anda. Untuk meminimalisasi resiko kerusakan akibat gaya berkendara di kemacetan yang maju-berhenti-berulang-ulang, Anda juga bisa menggunakan cairan pembersih injektor bahan bakar ke dalam tangki setiap (kurang lebih) 4000 kilometer.

Kerusakan rem
Selain pada mesin, berkendara menembus kemacetan lalu lintas juga beresiko menurunkan kondisi kesehatan rem mobil. Bila Anda mulai mendengar bunyi-bunyi aneh yang cukup keras atau merasakan ada tarikan kasar ke arah kanan dan kiri saat mengerem, segera periksa kondisi sistem rem mobil. Perawatan berkala adalah kunci dari sistem pengereman yang aman, maka mengecek serta mengganti minyak rem adalah sebuah pilihan yang cerdas.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment