an

Checklist Perawatan Mobil Agar Isi Kantong Tak Terkuras


Sumber: carrates.in

Layaknya efek domino, lalai merawat kondisi mobil dapat mengubah masalah kecil menjadi gawat, hingga bisa menyebabkan 'luka' serius pada bujet maintenance mobil Anda. Hukuman dari menunda-nunda perawatan kendaraan pun amat bervariasi mulai dari pendingin udara yang macet hingga pada kegagalan aki menyalakan mesin kendaraan. Untuk menghindari rekening bank Anda terkuras sampai kering, ada beberapa hal yang membutuhkan perhatian rutin dari mobil. Apa saja kira-kira?

Performa mesin
Jangan sampai mobil kehilangan tenaga. Cek sistem bahan bakar, pembakaran (pengapian) dan sistem emisi. Bila perlu, ganti komponen yang sudah usang dan lakukan penyesuaian ulang.

Aki dan sistem kelistrikan
Berapa umur aki mobil Anda? Jika sudah lebih dari 3 tahun, mungkin sudah saatnya ia dites ulang atau bila perlu, diganti. Sesekali bersihkan bagian aki dari korosi serta pererat kembali konektor dan terminal-terminalnya.

Oli dan filter
Gantilah kedua-duanya sesuai dengan buku petunjuk mobil Anda. Terutama bagi pemilik mobil di kota besar dengan lalu lintas yang tak menentu (terkadang lancar, terkadang tidak bergerak sama sekali), pemeliharaan dan penggantian kedua komponen ini sangat dianjurkan.

Visibilitas
Ganti mata wiper yang sudah usang dan pastikan washer mobil Anda berfungsi baik.

Sistem pendingin mesin
Untuk penggantian cairan radiator, selalu berpatokan pada manual book mobil anda. Namun, disarankan untuk menguras sistem pendingin setiap 24 bulan sekali. Cek juga tekanan dan kondisi pada sistemnya, ada tidaknya kebocoran, kondisi selang-selang, serta drive belt-nya.

Ban
Periksa keseimbangan, tekanan udara, inflasi, dan putarlah semua ban secara seksama. Pastikan pula ban cadangan serta dongkrak selalu tersedia di mobil Anda.

Sistem pembuangan (exhaust)
Ingat, asap pembuangan yang bocor bisa fatal (baca: mematikan) akibatnya bagi Anda dan keluarga. Periksa sistem exhaust mobil secara berkala dan menyeluruh.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment