an

Perhatikan Kondisi Selang Minyak Rem Kendaraan Anda


Sumber: spridgetguru.com 

Banyak orang telah menyadari kebutuhan untuk mengganti kampas dan rotor pada rem ketika merasakan ada getaran atau mendengar bunyi-bunyi aneh saat proses pengereman. Tapi sebenarnya, ada satu lagi komponen penting dari rem yang juga tak boleh lalai dalam perawatan yaitu selang minyak rem (brake fluid).

Selang ini mempunyai tugas yang vital untuk pengereman yaitu mengalirkan minyak rem (brake fluid), sehingga kondisinya harus tetap lentur dan utuh tanpa kerusakan apapun agar rem selalu beroperasi dengan baik. Dibawah ini adalah tips singkat untuk memeriksa kondisi selang rem kendaraan Anda.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencopot ban kendaraan Anda terlebih dahulu. Lalu, periksa selang rem secara visual. Selang rem adalah satu-satunya selang di bagian ini sehingga relatif mudah ditemukan. Selang terbuat dari karet, sehingga kemungkinan kering dan robek selalu ada. Bila lapisan luar robek, dapat mengekpos pelindung terakhir di dalam selang yang terbuat dari bahan nylon.

Cek juga apakah ada minyak rem yang bocor baik dari konektor selang atau dari permukaan selang itu sendiri. Goyangkan selang untuk memastikan kelenturannya. Ini cukup penting mengingat selang rem harus mengikuti semua gerakan ban kendaraan. Jangan lupakan juga kondisi konektor (sambungan-sambungan) selangnya. Pastikan sambungan-sambungan ini terpasang dengan benar dan tidak ada tanda-tanda berkarat maupun rusak.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment