an

Pentingnya Kebersihan Rem pada Kendaraan


Sumber: autobytel.com

Rem kendaraan Anda beroperasi pada area kerja yang "kotor". Bahkan bagian-bagian dari rem yang tergolong baru sekalipun dapat kotor setelah kendaraan menempuh beberapa ratus kilometer. Tidak mengherankan memang bila akhirnya beberapa orang selalu melewatkan proses pembersihan dan lebih memilih untuk mengatasi masalah ini secara instan dengan memasang bantalan serta rotor rem baru.

Hal tersebut merupakan sebuah kesalahan besar karena Anda baru saja memaksa rem untuk mengulang kembali proses kerjanya, yang (bisa saja) sudah berlangsung ribuan mil sebelum penggantian. Padahal, Anda sebenarnya cukup membersihkan semua karat dan kotoran yang terkumpul di antara hub dan rotor, serta memberi perhatian pada kondisi ketebalan piringan rem (disc brake) dan tingkat denyutan pada pedal rem saat diinjak.

Penumpukan korosi (karat) dalam daerah bantalan rem dan pada area pinggirannya dapat menyebabkan pendukung bantalan rem menjadi kaku dan tidak beroperasi secara benar. Hal ini dapat berujung pada masalah yang lebih besar seperti bunyi yang mengganggu dan bahkan kegagalan rem (blong).

Memeriksa dan menjaga kebersihan rem kendaraan sebenarnya cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri. Gunakan juga produk pembersih rem (brake parts cleaner) yang terbukti mampu tahan lama menjaga kebersihan seluruh bagian rem serta cocok untuk kendaraan Anda.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment