an

Ini Dia Pentingnya Radiator pada Kendaraan


Sumber: m.c.lnkd.licdn.com

Untuk mengerti apa saja yang menjadi tugas radiator mobil, ada baiknya kita memahami juga proses pembakaran internal dalam mesin yang radiator lindungi. Mesin mobil terdiri dari banyak komponen rumit yang bergerak dan beberapa di antaranya, saling bergesekan. Gesekan, secara alami akan menghasilkan panas. Adanya lubrikasi dari oli mesin cukup membantu untuk melumasi gesekan, namun oli takkan mampu secara total mengatasi masalah panas berlebih ini sendirian.

Inilah saat dimana peran radiator menjadi vital. Blok mesin, harus selalu dijaga untuk tetap dingin agar terhindar dari masalah serius seperti overheating (panas berlebih) dan mesin mati/mogok. Apabila piston-piston dalam mesin tidak bisa bergerak bebas di dalam silinder mereka akibat panas dari gesekan berlebih, piston tersebut mempunyai kemungkinan lebih besar untuk patah hingga menyebabkan kegagalan mesin total. Untuk menghindarkan hal itu terjadi, campuran khusus dari air dan radiator coolant dipompa lewat bilik-bilik dalam blok mesin dan menyerap panas berlebih serta menjauhkannya dari area-area vital mesin.

Ketika cairan radiator coolant yang sedang mendidih ini keluar dari blok mesin, ia kembali ke dalam radiator lewat sebuah selang karet besar. Saat cairan panas ini bergerak melalui celah dan sudut sempit, panas berlebih mesin ditarik keluar melalui dinding-dinding radiator. Sebuah kipas bertenaga listrik membantu proses pendinginan ini dengan memaksa udara dari luar untuk masuk. Ketika mobil berjalan, bagian depan radiator juga didinginkan oleh udara dari luar yang masuk lewat grill mobil.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment