an

Mungkinkan Mobil Dikendalikan dengan Menggunakan Joystick?


Sumber: thomasthethinkengine.files.wordpress.com

Mobil yang dikendalikan dengan joystick? Mungkinkah? Yah, masa depan siapa yang tahu. Beberapa produsen otomotif seperti Saab bahkan telah mencoba mengaplikasikan teknologi ini pada prototipe Prometheus mereka lebih dari 20 tahun yang lalu. Meski begitu, ada beberapa poin penting yang membuat para produsen otomotif tetap menggunakan roda kemudi/setir sebagai alat pengendali pada mobil sampai sekarang.

Kontrol gerakan
Joystick bersifat sangat sensitif. Satu sentuhan kecil saja dapat menyebabkan pengaruh besar pada arah kemana sebuah mobil digerakkan. Joystick yang bisa berputar atau bergerak 360 derajat juga berpotensi membingungkan para pengemudi yang sudah terbiasa menggunakan setir biasa, terlebih bila pada saat panik.

Antara tradisi dan safety
Salah satu faktor terbesar mengapa joystick tidak (belum) bisa menggantikan setir sebagai kemudi mobil adalah karena sikap mayoritas pengemudi yang akan terkejut dengan perubahan drastis ini. Selain itu, roda setir dipercaya lebih memungkinkan para pengemudi bereaksi lebih cepat pada situasi membahayakan karena bisa digunakan dengan 2 tangan.

Kelebihan-kelebihan lain setir dibanding joystick
Selain dua poin di atas, setir terbukti lebih memiliki beberapa keuntungan praktikal seperti kemampuan untuk menunda efek dari masalah pada ban atau roda-roda, menjadi 'rumah' bagi sistem air bag yang telah terbukti bisa menyelamatkan nyawa dan memberikan pengemudi pegangan untuk digenggam saat bermanuver di tikungan-tikungan tajam.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment