an

Faktor-faktor Penyebab Putusnya Rantai Sepeda Motor


Sumber: canyonchaser.net

Rantai motor di jaman sekarang ini sudah sangat modern serta diproduksi dari hasil perpaduan tenaga berkualitas dan mesin-mesin yang canggih. Produsen rantai tersebut biasanya adalah pabrikan terkomputerisasi dengan kualitas produk yang dapat diandalkan. Selama rantai motor tersebut diproduksi oleh pabrikan ternama, kemungkinan adanya kesalahan produksi bisa dikatakan sangat minim. Lalu kenapa rantai motor tetap tak bisa lepas dari kerusakan? Apa saja faktor penyebabnya?

Penyebab kerusakan rantai motor yang paling umum adalah kurangnya penggunaan pelumas rantai (chain lube) untuk lubrikasi serta ketidaktepatan pemasangan dan penyesuaian link-link pada rantai. Minimnya pelumas dan pemasangan yang terlalu kencang dapat menyebabkan sambungan-sambungan kecil pada rantai memanas dan makin memanas saat berputar (hot point). Kondisi ini membuat rantai baja tersebut menjadi cepat rapuh.

Untuk menghindari masalah diatas, ikuti petunjuk lubrikasi rantai dan pemasangan link secara tepat. Atur juga tingkat ketegangan dan kelurusan rantai saat dipasang.

Hal-hal lain yang harus diperhatikan adalah belilah rantai yang tepat untuk model motor yang Anda miliki. Jangan memaksakan rantai untuk motor 125cc dipasang ke motor bertenaga 1000cc, demikian sebaliknya. Selain itu, kebersihan rantai dari bahan kimia dan berbagai macam kotoran yang tertimbun diantara sambungannya juga patut mendapat perhatian.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment