an

Ini Dia Gejala-gejala Rem Mobil Harus Diperiksa


Sumber: coalvilletyres.co.uk

Rem boleh saja bukan merupakan bagian yang terlihat paling indah dari sebuah mobil. Tapi rem, adalah salah satu bagian yang paling krusial karena kondisinya bisa menjadi pembeda antara hidup dan mati saat Anda berkendara. Meski ada petunjuk pasti soal kapan sistem pengereman mobil harus diperiksa (seperti lampu indikator rem di dashboard menyala atau Anda merasa rem sudah tidak se-pakem biasanya), beberapa keanehan di bawah ini adalah tanda-tanda tambahan yang harus diwaspadai tentang kondisi sistem pengereman mobil Anda.

Bantalan rem mulai usang
Seperti yang sudah kita semua ketahui, bantalan (kampas) rem dapat menipis lama-kelamaan, seiring waktu penggunaan. Kondisi ini dapat membuat sistem pengereman menjadi kehilangan efektifitasnya dalam memperlambat dan menghentikan kendaraan.

Munculnya bunyi-bunyi tak wajar
Saat bantalan rem sudah usang dan harus diganti, ia akan "memberitahu" kita dengan cara mengeluarkan bebunyian aneh saat proses pengereman. Mungkin ada kalanya Anda harus berhenti menyetel Maroon 5 keras-keras saat menyetir.

Terasa tarikan-tarikan aneh saat mengerem
Mobil anda seperti mau bergerak tak menentu bagai lepas kendali ke kiri dan ke kanan saat direm? Bisa jadi itu karena caliper rem mobil yang macet. Meski begitu, gejala ini bisa terjadi bukan hanya karena kerusakan pada rem. Hal-hal lain yang bisa jadi penyebabnya adalah tekanan udara yang tak merata atau keausan pada ban, masalah keselarasan roda serta gangguan suspensi.

Ada getaran yang tidak lazim pada pedal rem
Secara garis besar, pedal rem yang bergetar disebabkan oleh rotor rem yang mulai melengkung atau bengkok.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment