an

Ingin Pemakaian Bahan Bakar Tetap Efisien Saat Ngebut? Pakai AC!


Sumber: mercurycars.co.uk

Kita tinggal di sebuah negara yang beriklim tropis dan cenderung panas. Fakta tersebut belum ditambah dengan harga bahan bakar di Indonesia yang cenderung terus naik tak pernah turun. Satu hal pasti yang harus selalu diingat oleh para pengendara mobil adalah, kendaraan mereka bisa lebih efisien dan hemat dalam pemakaian bahan bakar saat melaju dalam keadaan jendela tertutup (terutama di jalan tol saat kecepatan tinggi).

Dengan jendela tertutup saat melaju kencang di jalan tol, kemampuan aerodinamis mobil meningkat karena ruang-ruang yang bisa menahan gerakan berkurang jauh. Penelitian juga menemukan bahwa kabin mobil yang lebih dingin, lebih kering dan lebih tenang ternyata dapat mengurangi kelelahan serta mampu membuat pengemudi tetap santai dan waspada saat melakukan perjalanan jauh.

Meski demikian, untuk situasi berkendara khas kepadatan kota besar yang sifatnya stop-and-go (baca: injak pedal gas, rem, gas, rem tiada henti seterusnya), efisiensi pemakaian bahan bakar justru bisa diperoleh jika jendela mobil Anda dibuka.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment