an

Penyebab-penyebab Roda Kemudi Bergetar


Sumber: pswordpress-production.s3.amazonaws.com

Adanya masalah pada roda dan ban adalah penyebab utama masalah setir (roda kemudi) yang bergetar pada mobil. Setir yang bergetar saat sedang melaju dengan kecepatan tinggi biasanya menandakan masalah pada roda, sedangkan getaran yang muncul saat kecepatan rendah seringkali berkaitan dengan adanya masalah pada sistem pengereman. Selain dua hal tersebut, beberapa penyebab lain dari setir yang bergetar adalah:

Roda membengkok
Melihat keadaan roda masih bundar sempurna atau tidak adalah cara awal untuk mencari penyebab adanya getaran pada roda kemudi. Para pemilik mobil biasanya merasakan masalah ini saat mengemudi, terutama saat mulai menaikkan kecepatan.

Masalah pada ban
Mulai dari ban kempes, ban gundul, ban yang menggembung, batik (alur) ban yang menipis, sampai ketidakseimbangan tekanan udara pada ban, semuanya bisa menjadi faktor penyebab bergetarnya roda kemudi.

Problem di sistem suspensi
Suspensi terdiri dari sebuah sistem kompleks yang menjaga kendaraan tetap seimbang. Masalah apapun pada sistem ini dapat memancing adanya getaran yang umumnya berasal dari konektor-konektor mulai longgar, kerusakan penghubung-penghubung pada sistemnya dan silinder yang aus serta berkarat.

Rem bermasalah
Semua yang terkait dengan rem bisa menjadi penyebab roda kemudi bergetar; masalah pada bantalan/kampas rem, konektor-konektor dan kabel-kabelnya.

Ada masalah pada sumbu kemudi
Penyebab umumnya bisa karena sekrup yang hilang atau ada kawat yang bengkok dalam konektor antara mobil dengan roda kemudi.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment