an

Membersihkan Karburator Motor Sendiri Itu Mudah


Sumber: vehiclefixer.com

Sebuah karburator yang kotor dapat menjadi penyebab berbagai macam "penyakit" pada sepeda motor Anda. Ia bertugas mengatur jumlah udara dan bensin yang masuk dalam silinder, sehingga menjaga kondisinya menjadi sangatlah penting. Sementara itu, perawatan melalui teknisi profesional kadang membutuhkan biaya yang tak sedikit. Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk menjaga kebersihan karburator motor Anda.

Langkah pertama - Menguras dan mencopot karburator
Kuras semua gas yang kemungkinan ada di dalam karburator. Lalu, cek dan perhatikan petunjuk dari manual book motor Anda untuk cara mencopot karburator. Karena ia terbuat dari aluminium yang mudah tergores dan penyok, hati-hati dalam proses melepas karburator ini. Oiya, jangan lupa untuk menandai semua kabel yang Anda copot agar tak salah pasang saat selesai.

Langkah kedua - Melepas dan membersihkan mangkuk karburator
Letakkan karburator pada handuk di lantai dan gunakan obeng untuk melepas bagian mangkoknya. Setelah terlepas, bersihkan mangkok karburator dengan cairan pembersih khusus karburator dan lap. Lalu, lakukan proses pembersihan pada bagian karburator lainnya.

Langkah ketiga - Membersihkan partikel-partikel kecil
Periksa apakah ada partikel kecil yang rusak, kotor, berkarat dan harus diganti. Gunakan sikat gigi untuk menjangkau titik-titik yang sulit dibersihkan, semprotkan spray pembersih karburator, dan lap hingga bersih. Anda juga bisa menggunakan tusuk gigi untuk memaksa kotoran keluar dari daerah-daerah yang sulit digosok.

Langkah keempat - Pemasangan kembali
Sebelum dipasang kembali, semprot sekali lagi semua bagian dengan cairan khusus pembersih karburator dan lap semua hingga benar-benar mulus. Hindari salah pasang kabel dan konektor lainnya yang tadi terhubung dengan karburator saat proses ini.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment