an

Mau Hemat Bahan Bakar? Ikuti Cara-cara Simpel Ini


Sumber: bbmix.com

Rasa-rasanya, harga bahan bakar selalu naik tak pernah turun. Mungkin tak banyak yang bisa kita lakukan untuk mengontrol harga BBM, tapi ada beberapa hal simpel yang sebenarnya bisa dilakukan untuk mengontrol penggunaan bahan bakar pada kendaraan. Apa saja kira-kira yang bisa membantu kita mengurangi pengeluaran biaya untuk BBM?

Rawat dan servis-lah kendaraan Anda secara reguler
Anda mungkin sudah tahu dan telah mendengar anjuran klise ini sebanyak ribuan kali. Tapi faktanya adalah, kendaraan yang terawat baik memang menyedot penggunaan bahan bakar yang lebih hemat bila dibandingkan dengan yang tidak terawat.

Periksa kondisi filter udara tiap tiga bulan sekali
Saluran "pernafasan" yang terhalang dan kotor membuat mesin bekerja lebih keras dan secara otomatis, membutuhkan asupan BBM lebih banyak.

Cek tekanan udara pada ban minimal setiap bulan
Dibanding ban dengan tekanan angin yang sempurna, ban kurang angin lebih berat untuk dikendalikan (dibelokkan) sehingga membuat mesin bekerja ekstra untuk jarak yang sama.

Kurangi beban bawaan dalam mobil
Banyak dari kita yang secara tak sadar membawa banyak barang bawaan dan lupa untuk mengeluarkannya dari dalam bagasi mobil. Coba keluarkan semua barang yang sudah tak perlu berada di dalam mobil. Tiap kilogram akan sangat membantu. Jangan terkejut dengan perubahan hitungan bahan bakar mobil Anda saat ia sudah tak lagi mengangkut bawaan terlalu berat.

Jangan melebihi batas kecepatan saat berkendara
Kurangi mengebut tanpa alasan yang jelas saat mengemudi. Makin cepat mobil dikendarai, makin banyak bensin yang ia butuhkan. Stay safe!

Gunakan AC
Selain lebih nyaman, mobil dengan kaca ditutup saat dikemudikan membutuhkan lebih sedikit asupan bahan bakar dibandingkan dengan yang terbuka. Mengapa? Dengan kaca jendela tertutup, mobil bisa melaju lebih lancar sehingga pembakaran BBM lebih sedikit.

Hindari parkir (berhenti) dengan mesin menyala
Baik saat sedang menjemput anak, menunggu istri keluar kantor atau apapun situasinya, sebisa mungkin matikan mesin saat mobil tak dijalankan. Sebuah penelitian bahkan mengatakan bahwa membiarkan mesin menyala saat mobil berhenti lebih dari 30 detik membutuhkan tenaga dan menarik BBM lebih banyak dari proses menyalakan mesin.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment