an

Mengenal Tujuan dari Transfer Pricing

Transfer Pricing kian menjadi pembicaraan hangat dalam dunia bisnis dan perpajakan. Terlebih, volume perdagangan global yang melibatkan perusahaan multinasional kian meningkat.

 Transfer Pricing
Foto: hyperiontransferpricing.com


Transfer Pricing merupakan sebuah skema yang sering digunakan oleh perusahaan untuk mengefisienkan operasionalnya. Jadi, tujuan utama dari transfer pricing bagi perusahaan-perusahaan multinasional adalah untuk meminimalkan jumlah pajak yang harus dibayar melalui rekayasa harga yang ditransfer antardivisi.

Perusahaan multinasional adalah perusahaan yang beroperasi di lebih dari satu negara yang biasanya memiliki hubungan istimewa atau afiliasi serta dikendalikan oleh suatu pihak tertentu. Perusahaan multinasional tersebut terbiasa melakukan transaksi transfer pricing yang disebut transaksi afiliasi.

Dengan kata lain, transfer pricing dapat juga dilakukan untuk mengevaluasi dan mengukur kinerja perusahaan. Transfer pricing juga kerap digunakan untuk tujuan shifting profit dari perusahaan yang berada dalam suatu negara yang memiliki tarif pajak tinggi ke negara yang memiliki tarif pajak rendah.




(Berbagai sumber)

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment