an

Waspadai Endophthalmitis Pasca Pengobatan Katarak


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: eyeworld.org

Pengobatan katarak dengan operasi bedah menjadi salah satu prosedur yang paling banyak dilakukan di dunia medis. Operasi yang dinilai aman dan efektif ini biasanya memberikan perbaikan penglihatan dan cukup membuat pasien puas dengan hasilnya. Meskipun begitu, operasi katarak tak bisa disepelekan. Dalam persentase kecil terdapat efek samping yang tak diinginkan. Salah satunya endophthalmitis.

Endophthalmitis umumnya disebabkan oleh bakteri yang beredar melalui aliran darah ke dalam mata atau telah memasuki mata melalui luka bedah atau luka biasa. Gejala yang ditimbulkan meliputi mata kemerahan, nyeri, kepekaan terhadap cahaya hingga memburuknya penglihatan. Dalam beberapa kasus, pasien tak mengeluhkan apapun pada beberapa hari pasca operasi. Namun keadaan memburuk yang disertai rasa sakit, sensitivitas terhadap cahaya dan masalah penglhatan. Jika mengalami keadaan seperti ini, segera temui dokter untuk mendapatkan pengobatan.

Sebenarnya, setelah operasi dokter akan selalu meresepkan obat tetes khusus sebagai upaya untuk mengurangi infeksi intraocular ini. Penelitia menunjukkan kasus ini terjadi pada satu dari 3.000 kasus operasi mata katarak. 

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment