an

Bayi Disarankan Pakai Kontak Lensa dalam Pengobatan Katarak


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: livestrong.com

Sudah menjadi suatu prosedur bahwa orang dewasa dan anak-anak yang menjalani pengobatan katarak dengan operasi harus menggunakan lensa buatan setelah lensa alami diangkat dari mata. Namun, para ahli di National Eye Institute menyarankan agar terdapat pengecualian terhadap bayi yang menderita katarak sejak lahir (katarak kongenital). Mereka mengungkapkan bahwa bayi yang melakukan operasi katarak tak perlu menggunakan lensa buatan intraokular (IOL). Namun cukup menggunakan kontak lensa selama beberapa tahun, dan barulah kemudian menggunakan lensa implan. 

Meskipun begitu, sebagian dokter bedah mata menganggap bahawa lensa implan IOL baik digunakan pada bayi. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa lensa buatan untuk mengobati mata katarak pada bayi mampu meningkatkan penglihatan dalam jangka panjang bagi anak. Selain itu, para ahli juga berpendapat bahwa risiko infeksi akibat kuman yang masuk ke mata bayi jauh lebih rendah dibandingkan penggunaan lensa mata. 

Kebanyakan orang akan mengasosiasikan mata katarak dengan orangtua, tetapi bayi juga dapat lahir dengan katarak. Sekitar 1.200 sampai 1.600 bayi didiagnosis memiliki mata katarak setiap tahunnya. 

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment