an

Jika Anak Kekurangan Vitamin A


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: eutopiaent.com

Ternyata, kekurangan vitamin A merupakan penyebab utama kebutaan pada anak-anak. Mata merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat rentan terhadap kekurangan vitamin A karena sifatnya halus dan metabolisme aktif dari lapisan epitel mata, terutama kornea dan konjungtiva. Kekurangan vitamin A, terutama pada anak usia dini, menyebabkan jaringan mata menjadi kering dan berawan, sehingga mengurangi kemampuan mata untuk melawan infeksi atau perbaikan permukaan yang rusak. Kondisi ini dikenal dengan Xerophthalmia.

Lambat laun, kondisi ini menyebabkan kebutaan pada anak akibat penurunan fungsi retina. Dengan itu, jelas sudah bahwa kesehatan sel-sel tubuh sangat bergantung pada ketersediaan vitamin A yang cukup dalam makanan. Anak-anak dengan kekurangan vitamin A juga rentan terhadap banyak penyakit, terutama infeksi serius seperti pneumonia, diare dan campak. Vitamin ini ditemukan dalam sayuran berdaun hijau gelap, beberapa buah-buahan, susu, telur dan produk susu. 

Selain mata katarak, kekurangan vitamin A menjadi penyebab utama kebutaan pada anak-anak Indonesia. Mata katarak maupun xerophthalmia sama-sama merenggut kebahagian anak Anda. Tanggung jawab utama para orangtua adalah merekomendasikan dan membawa anak ke dokter mata untuk rutin melakukan pemeriksaan mata. 

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment