an

Kapan Waktu Tepat Periksa Mata Katarak?


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: firmoo.com

Ketika tanda-tanda mata katarak mulai dirasakan, Anda mungkin akan menggunakan kacamata atau kontak lensa sebagai pertolongan pertama untuk membantu melihat dengan jelas. Hal ini lumrah mengingat masih banyak orang yang sadar bahwa gangguan penglihatan yang dialaminya adalah mata katarak, bukan rabun jauh maupun rabun dekat.

Jika Anda memiliki masalah penglihatan, buatlah janji dengan dokter mata secepatnya. Dokter mata akan memeriksa mata dan menguji penglihatan Anda. Untuk menentukan apakah Anda memiliki mata katarak, dokter akan meninjau riwayat kesehatan dan gejala, serta melakukan pemeriksaan mata. Sebelum jauh membahas pengobatan katarak, dokter Anda juga akan melakukan beberapa tes, termasuk:

1. Uji ketajaman penglihatan. Tes ketajaman visual menggunakan grafik mata untuk mengukur seberapa baik Anda dapat membaca serangkaian huruf. Mata akan diuji satu per satu saat mata lainnya ditutupi.

2. Menggunakan grafik atau perangkat yang menampilkan ukuran huruf yang kecil. Cara ini akan menentukan apakah Anda memiliki penglihatan 20/20 atau justru menunjukkan tanda-tanda penurunan penglihatan.

3. Pemeriksaan menggunakan slit-lamp. Sebuah alat seperti lampu membantu dokter untuk melihat struktur di mata bagian depan.

4. Menggunakan mikroskop khusus yang memungkinkan dokter untuk melihat struktur mata yang kecil, seperti iris, lensa, kornea dan sebagainya. Alat ini memudahkan pendeteksian adanya kelainan.

5. Dilatasi mata atau pemeriksaan kornea. Sebelum pemeriksaan retina, dokter mata akan meneteskan sedikit obat tetes mata agar pupil dapat terbuka lebar, dan memudahkan pemeriksaan bagian belakang mata Anda.

6. Menggunakan perangkat khusus yang disebut oftalmoskop untuk memeriksa lensa mata dalam menemukan tanda-tanda katarak.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment