an

Penderita Mata Katarak Juga Berisiko Terkena Glaukoma


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: cehjournal.org

Mata katarak dan glaukoma merupakan suatu kondisi mata di mana dapat mempengaruhi penglihatan dan menyebabkan kebutaan. Keduanya memiliki penyebab dan penanganan yang berbeda. Salah satu faktor risiko mengembangnya kedua penyakit mata ini adalah diabetes tipe dua. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa diabetes meningkatkan risiko glaukoma pada wanita hingga 70 persen. Sementara menurut American Diabetes Association, penderita diabetes 40 persen lebih mungkin untuk mengembangkan glaukoma dan 60 persen lebih tinggi untuk mengembangkan mata katarak.

Baru baru ini penelitian menunjukkan hubungan antara mata katarak dan glaukoma. Ternyata, kedua masalah penglihatan ini saling berkaitan. Katarak matang disinyalir dapat menyebabkan glaukoma, di mana terjadi pembengkakan di mata yang menyebabkan terjadinya tekanan di dalam mata. Glaukoma merupakan sebuah penyakit yang menyerang saraf optik penting di mata, di mana saraf ini bertanggung jawab terhadap penglihatan. 

Selain itu, pengobatan katarak melalui operasi juga dianggap memicu terjadinya glaukoma sekunder. Beberapa orang bisa mengalami glaukoma hanya karena pernah mengalami cidera di mata atau setelah menjalani sebuah prosedur bedah mata. Katarak dan beberapa jenis obat-obatan yang digunakan untuk mengobati penyakit mata lainnya juga dapat menyebabkan glaukoma. Glaukoma yang disebabkan dengan cara ini disebut glaukoma sekunder.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment