an

Anda Punya Diabetes? Segera Cek ke Dokter Mata!


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: morriseyegroup.com
Diabetes menaikkan risiko terkena sejumlah penyakit mata, seperti mata katarak, glaukoma, dan diabetes retinopati. Semua kondisi tersebut bisa menyebabkan kebutaan. Oleh karena itu, penderita diabetes sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan mata sesegera mungkin. 

1. Mata katarak. Katarak memang merupakan salah satu proses penuaan yang akan dialami oleh siapa saja. Namun, penderita diabetes memiliki risiko 60 persen lebih tinggi mengembangkan katarak dibandingkan orang sehat. Bahkan katarak berkembang lebih cepat pada penderita diabetes dan bisa menyerang pada usia lebih muda. Satu-satunya pengobatan katarak yang efektif adalah operasi pengangkatan lensa keruh yang kemudian diganti dengan lensa buatan intraokular.

2. Glaukoma. Penderita glaukoma juga 40 persen lebih mungkin mengembangkan glaukoma dibandingkan orang sehat lainnya. Saat ini, glaukoma menjadi penyebab kebutaan kedua terbanyak di dunia, setelah mata katarak.

3. Diabetes retinopati. Diabetes retinopati merupakan suatu kondisi di mana pembuluh darah di retina menjadi rusak. Komplikasi diabetes ini mempengaruhi 45 persen penderita diabetes, meskipun banyak penderita diabetes yang tidak menyadari mereka mengembangkan kondisi tersebut.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment