an

Obesitas Mengancam Kesehatan Mata


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: theguardian.com

Epidemi obesitas dapat berdampak pada kesehatan mata. Sebuah analisis penelitian di University of Melbourne di Australia mengungkapkan bahwa kegemukan menyebabkan naiknya risiko katarak subkapsular. Peneliti mengungkapkan meskipun overweigh tak menunjukkan dampak langsung terhadap pengembangan penyakit mata, namun menjaga berat badan yang sehat akan mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan dan membantu mencegah penyakit yang dapat membahayakan mata. Para peneliti percaya bahwa mempertahankan berat badan yang tepat akan mengurangi pembentukan katarak dengan mengurangi kadar glukosa darah atau dengan meningkatkan sifat antioksidan darah. 

Obesuras adalah gejala awal dari overweight. National Institute of Health (NIH) di Amerika menjelaskan bahwa body mass index (BMI) atau rasio tinggi badan terhadap berat badan menjadi ukuran untuk menentukan seseorang mengalami obesitas atau tidak. Seseorang dikatakan gemuk jika memiliki BMI 25-29, dan obesitas jika BMI di atas 30. Mereka yang obesitas cenderung memiliki penyakit serius, seperti kardiovaskular, stroke, kanker, diabetes hingga masalah gangguan mata. Selain mata katarak, pria dengan BMI tinggi berisiko mengembangkan degenerasi makula. 

Individu yang mengalami kelebihan berat badan sering tergoda untuk mencoba diet demi menurunkan berat badan. Mengurangi asupan kalori, berolahraga hingga mengikuti saran dokter dilakukan demi memiliki bentuk tubuh ideal. 

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment