an

Tiga Seri MotoGP Terseru di Dunia?


Sumber: vroommedia.biz

Italia, Jerman dan Belanda diakui sebagai deretan ajang MotoGP yang paling seru di dunia. Bahkan, ada pendapat yang mengatakan kalau jangan pernah mengaku Anda penggemar otomotif sejati jika belum pernah menonton langsung ketiga seri race di sirkuit ini.

Sirkuit Assen, Belanda
Sirkuit ternama asal Belanda ini mulai masuk kalender jadwal Grand Prix mulai tahun 1949. Assen kerap dianggap sebagai "The Granddaddy of Racetracks" karena telah menjadi salah satu saksi terlama dari evolusi sepeda motor balap dan para pelakunya. Sirkuit ini juga sering disebut "The Cathedral of Speed" oleh para maniak otomotif. Maklum saja, sirkuit sepanjang 2,83 mil ini adalah tempat yang amat populer dan telah lama menjadi tuan rumah dari ajang Superbike, British Superbike, MotoGP, dan IDM (International German Championship) tiap tahunnya.

Sirkuit Mugello, Italia
Terletak di atas Pegunungan Tuscany, timur laut kota Florence, sirkuit indah ini adalah permata dari sejarah motorsports Italia. Mugello mungkin saja tidak (belum) mempunyai sejarah panjang seperti Sirkuit Monza atau Imola, namun ia tetaplah penting karena selalu menjadi tuan rumah reguler dari Italian Grand Prix sejak tahun 1994. Sirkuit dengan 15 belokan dan berjarak tempuh 3.259 mil ini mulai dibangun pada tahun 1973 dan dibuka pertama kali setahun sesudahnya. Sejak tahun 1988, pihak Ferrari telah menjadi pemilik dari sirkuit yang terkenal paling aman di dunia ini.

Sirkuit Sachsenring, Jerman
Sachsenring sebenarnya termasuk sirkuit termuda di Jerman; mulai dibangun pada tahun 1996 dan langsung menjadi host MotoGP dua tahun setelahnya. Dengan 2.281 mil, Sachsenring adalah sirkuit terpendek dari semua seri MotoGP. Namun, hal tersebut tak mengurangi keseruan race di sirkuit ini karena layout dan topografi-nya yang berkelok-kelok. Pendeknya jarak tempuh Sachsenring juga seakan menambah keintiman antar para penonton dan pembalap. Untuk urusan suasana, Sachsenring adalah rajanya. Sirkuit ini kerap memadukan balap MotoGP dengan festival pedesaan, rock concert, dan hal-hal seru terkait otomotif lainnya.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment