an

Masters of Pass: Para Pemberi Assist Terbanyak di NBA (Bagian II)


Sumber: ballislife.com

Seperti yang sudah kita tahu, assist dalam olahraga basket adalah sebutan untuk sebuah pass (operan) yang secara langsung menghasilkan field goal. Menurut catatan statistik sejarah NBA hingga saat ini, ada beberapa pemain bola basket hebat yang terdaftar sebagai pemberi assist terbanyak sepanjang karir mereka. Siapa saja mereka?

Mark Jackson - 10,334 assists
Setelah pensiun dari basket, Jackson sempat berkarir sebagai pelatih tim junior Golden State Warriors. Saat ini sibuk dalam dunia broadcasting olahraga basket.

Steve Nash - 10,335 assists
Catatan karir terbaik Nash terjadi saat bersama Phoenix Suns. Dengan menjadi floor general di tim ini, Nash mampu meraih dua gelar MVP NBA. Sayangnya, karirnya (dan pencapaian rekor assist-nya) harus berhenti akibat cedera.

Jason Kidd - 12,091 assists
Kekuatan Kidd dalam melakukan rebound di atas kemampuan scoring dan passing-nya, membuat ia menjadi salah satu pemain paling multi fungsi di NBA. Di tahun 1994, Kidd mampu meraih Rookie of the Year saat bersama Dallas Mavericks, sebelum akhirnya pindah ke Suns di tahun 1996 dan menjadi pemain elit NBA. Setelah sempat bermain bersama New Jersey Nets sejak 2001, Kidd kembali ke Mavericks di tahun 2008. Ia akhirnya meraih juara NBA pertamanya bersama tim ini pada tahun 2011.

John Stockton - 15,806 assists
Dianggap sebagai pure point guard terhebat NBA selama hampir dua dekade di sepanjang karirnya, mulai tahun 1984 sampai 2003. Total, legenda Utah Jazz ini telah meraih 10 all-star games serta sembilan kali penghargaan assist terbanyak dan dua kali menjadi steals leader NBA. Stockton akhirnya dianugerahi Naismith Memorial Basketball Hall of Fame pada tahun 2009.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment