an

Masters of Pass: Para Pemberi Assist Terbanyak di NBA (Bagian I)


Sumber: nbaarena.com

Seperti yang sudah kita tahu, assist dalam olahraga basket adalah sebutan untuk sebuah pass (operan) yang secara langsung menghasilkan field goal. Menurut catatan statistik sejarah NBA hingga saat ini, ada beberapa pemain bola basket hebat yang terdaftar sebagai pemberi assist terbanyak sepanjang karir mereka. Siapa saja mereka?

Gary Payton - 8,966 assists
Pemain berjuluk "The Glove" ini memiliki gelar salah satu defense point guard yang pernah ada di NBA. Ia juga menjadi satu-satunya point guard yang pernah meraih penghargaan NBA Defensive Player of the Year. Sepanjang karirnya, Payton telah meraih satu gelar juara NBA, sembilan kali ikut tim all-star, sembilan kali masuk daftar NBA All-Defensive First Time, dan dilantik pada penghargaan Naismith Basketball Hall of Fame 2013.

Isiah Thomas - 9,061 assists
Isiah Lord Thomas III alias "Zeke" juga dianggap salah satu point guard terhebat yang pernah ada di NBA. Sepanjang karirnya sejak 1981 sampai 1994, Zeke hanya pernah bermain bersama Detroit Pistons. Berbagai gelar pun ia raih bersama tim ini, mulai dari dua kali juara NBA, sebuah NBA Finals MVP, dan 12 kali penampilan di all-star game. Thomas akhirnya dianugerahi penghargaan Basketball Hall of Fame pada tahun 2000.

Oscar Robertson - 9,887 assists
Bernama lengkap Oscar Palmer Robertson dan berjulukan "The Big O", ia adalah peraih triple-doubles terbanyak di NBA. Robertson juga satu-satunya pemain NBA yang pernah menorehkan sebuah triple-double dalam semusim. Hanya pernah bermain untuk dua tim, Cincinnati Royals dan Milwaukee Bucks, ia pensiun dari basket pada tahun 1974. Sepanjang karir, The Big O sudah pernah mendapat satu juara NBA, sebuah MVP NBA dan 12 penampilan all-star. Dianggap sebagai salah satu pebasket paling hebat yang pernah ada, ia mendapatkan Naismith Memorial Basketball Hall of Fame di tahun 1980.

Magic Johnson - 10,141 assists
Legenda LA Lakers Earvin "Magic" Johnson adalah satu-satunya pemain rookie yang pernah meraih gelar MVP dalam pertandingan final NBA. Sepanjang karir cemerlangnya bersama Lakers, Magic meraih lima juara NBA, tiga kali MVP di NBA Finals, tiga gelar MVP NBA, serta masuk dalam NBA All-Star game sebanyak 12 kali. Semua catatan hebat itu membuatnya masuk dalam Basketball Hall of Fame pada tahun 2002.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment