an

Bolehkah Melakukan Pengobatan Katarak Saat Terkena Glukoma?


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: webmd.com

Mata katarak dan glaukoma merupakan dua masalah penglihatan yang sangat berbeda. Pengobatan katarak dan glaukoma tentu saja juga berbeda. Katarak adalah kekeruhan lensa mata, sedangkan glukoma melibatkan kerusakan pada saraf optik. Namun seiring bertambahnya usia, tak jarang banyak orang secara bertahap mengembangkan kedua kondisi tersebut pada waktu yang bersamaan (meskipun glaukoma akan lebih muncul duluan dari katarak).

Glaukoma biasanya tidak dapat disembuhkan tetapi dapat dirawat. Dokter mata akan mmberikan obat tetes mata untuk mengurangi tekanan tinggi di dalam mata. Jika tidak ada perawatan yang dilakukan, maka tekanan tinggi tersebut secara bertahap akan merusak dan menghancurkan saraf optik. Ketika sudah rusak, maka penglihatan akan rusak secara permanen. 

Nah, jika pasien glaukoma juga mengembangkan katarak, ada beberapa pilihan pengobatan. Dokter mata akan membantu Anda untuk menentukan mana pengobatan katarak terbaik bagi Anda. Jika glaukoma yang ringan dan stabil, bisa diobati dengan obat tetes mata atau pembesaran drainase, dan operasi katarak bisa dapat dilakukan. Dalam beberapa kasus, operasi katarak justru menurunkan tekanan di dalam mata yang akan meringankan glaukoma.

Namun jika glaukoma parah dan operasi katarak dibutuhkan, ahli bedah mata akan menentukan menggunakan prosedur kombinasi. Yaitu, melakukan operasi menggunakan laser untuk mengobati glaukoma, kemudian melanjutkan dengan operasi katarak.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment