an

Komplikasi yang Tersembunyi dari Operasi Mata Katarak


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: gridserver.com
Operasi katarak umumnya aman dan efektif. Namun seperti halnya prosedur bedah lainnya, ada beberapa risiko yang berkaitan dengan pengobatan katarak tersebut. Dilansir dari Docshop, ada beberapa masalah komplikasi yang terjadi pasca pengobatan katarak. Tapi tenang, sebagian besar komplikasi operasi katarak sangat jarang terjadi. Makanya, berkonsultasi dengan dokter dapat mengurangi risiko tersebut.

1. Infeksi. Dalam proses penyembuhan, mata sangat rentan mengalami infeksi karena bakteri. Dokter mata akan mengingatkan Anda untuk menghindari atau menyentuh area mata setelah operasi, dan mencuci tangan yang bersih sebelum memasukkan obat tetes mata.

2. Peradangan. Setelah operasi mata, peradangan di area mata tak bisa dihindari. Dokter mata mungkin juga akan meresepkan obat tetes mata untuk mengatasi masalah peradangan.

3. Ablasio retina. Ablasio retina umumnya disebabkan oleh robekan pada retina. Setelah operasi katarak, penting bagi pasien untuk memperhatikan kilatan cahaya (floaters) saat melihat.

4. Masalah lainnya, seperti pendarahan, tekanan tinggi di mata pembengkakan kornea hingga lensa berpindah. 

Jika komplikasi operasi mata katarak terjadi, sangat penting untuk menghubungi dokter secepatnya. Ketika kondisi tersebut tidak diobati, radang, infeksi, dan ablasi retina bisa menyebabkan kehilangan penglihatan permanen. 

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment