an

Hal-hal Baru di Formula One 2015


Sumber: zenbrowsing.com

Tanggal 15 Maret esok musim baru Formula One tahun 2015 akan dimulai dengan sebuah race perdana di Australia. Ternyata, ada beberapa hal dan peraturan baru untuk F1 musim tahun ini. Apa saja kira-kira?

Power Units
- Para tim peserta F1 sekarang hanya boleh memakai empat power units, yang masing-masing terdiri dari enam elemen. Grid penalties akan dikenakan bila dilanggar.
- Setelah meninggalkan arena olahraga otomotif pada tahun 2008, Honda akhirnya kembali bersama tim McLaren.

Double Points
Saat dicoba musim 2014 lalu, peraturan ini terbukti tak disukai. Kini, aturan ini resmi dihapus.

Safety Car
Sebuah safety car "virtual" akan digunakan, untuk mencegah terulangnya kecelakaan parah yang dialami Jules Bianchi di Jepang tahun kemarin. Sistem ini akan mengatur kecepatan safety car virtual itu dari jarak jauh.

Tampilan
Dibandingkan musim lalu, mobil F1 sepertinya akan tampak mirip semua akibat adanya peraturan untuk merendahkan "hidung" mobil.

Wajah baru
Race perdana di Australia nanti akan menjadi debut tiga orang pembalap di ajang F1. Max Verstappen, yang baru berusia 17 tahun, adalah pembalap termuda dalam sejarah Formula One. Ia akan membalap bersama tim Toro Rosso. Rekan setim Max, Carlos Sainz, yang juga baru berusia 20 tahun, adalah wajah baru lainnya. Pembalap baru terakhir adalah Felipe Nasr asal Brazil, dari tim Sauber.

Trek baru (dari stok lama)
Mexico City akan kembali menjadi host Mexican Grand Prix. Terakhir mereka menjadi tuan rumah balap F1 pada tahun 1992.

Perpindahan tim
- Juara dunia empat kali Sebastian Vettel akan mengebut bersama tim Ferrari setelah pindah dari Red Bull.
- Setelah meninggalkan McLaren di tahun 2007 lalu, Fernando Alonso kembali bergabung dengan tim asal Inggris tersebut.
- Pembalap Rusia Daniil Kvyat kini bergabung dengan tim Red Bull setelah musim lalu bersama Toro Rosso.
- Marcus Ericsson dari Swedia tak lagi bersama tim yang saat ini bangkrut, Caterham, dan memilih bergabung dengan tim Sauber.

Helm
Musim ini pembalap tak lagi boleh berganti-ganti helm untuk tiap race. Satu model helm untuk satu musim agar para pembalap bisa dikenali.

Starts awal
Race di Australia, Malaysia, Cina, Jepang, dan Rusia akan dimajukan satu jam lebih awal, mengingat kasus tabrakan Bianchi musim lalu.

Speed
Kecepatan mobil-mobil balap F1 musim ini akan lebih cepat dari sebelumnya. Hasil test race beberapa waktu lalu adalah buktinya.

Nomor 1? Bukan, 44
Musim ini takkan ada mobil balap yang memakai nomor 1. Juara bertahan tahun kemarin, Lewis Hamilton, memilih untuk menggunakan nomor 44.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment