an

20 Fakta Yang Perlu Diketahui Mengenai E-Commerce di Asia Tenggara (I)


Online Marketplace Indonesia | Marketplace Indonesia | Fashion Online Indonesia Terbaik
Sumber: bysoftchina.com

Tak bisa dipungkiri bahwa Asia Tenggara merupakan salah satu 'sarang' perusahaan e-commerce besar dunia. Sebuah hasil survei menarik yang dilakukan UBS merilis sebuah perspektif baru mengapa Asia Tenggara memberikan begitu banyak peluang untuk e-commerce dan online marketplace tetap tumbuh, sekaligus menjadi kompetitif di pasar.

Fakta #1. Terdapat hampir 620 juta populasi masyarakat Asia Tenggara. Angka ini menyamai setengah populasi di China dan dua kali lipat populasi di Amerika.

Fakta #2. Tingkat penetrasi mobile di Asia Tenggara mencapai 112 persen (Tidak termasuk Brunei, Myanmar dan Timor Timur).

Fakta #3. Tingkat penetrasi internet di Asia Tenggara saat ini mencapai 32 persen, atau setara dengan 200 juta  orang sudah menggunakan internet di Asia Tenggara.

Fakta #4. Singapura menjadi negara dengan tingkat populasi masyarakat melek internet yang mencapai 74 persen, diikuti oleh Malaysia dengan 62,6 persen dan Thailand dengan 46 persen.

Fakta #5. Indonesia menjadi negara dengan pengguna Facebook terbesar di Asia Tenggara, yang mencapai 65 juta orang. Lalu disusul Filipina dengan 36 juta orang dan Thailand dengan 26 juta orang.

Fakta #6. Indonesia memiliki penjualan ritel tertinggi senilai USD 100,20 triliun, disusul Malaysia sebesar USD 98,2 triliun dan Thailand dengan USD 94,4 triliun.

Fakta #7. Total penjualan ritel di 6 negara Asia Tenggara jika dijumlah hanya 11,4 persen dari China dan 14,4 persen dari Amerika.

Fakta #8. Singapura memiliki penetrasi tingkat e-commerce tertinggi, yaitu 1 persen dibandingkan negara tertinggi kedua Filipina sebesar 0,3 persen dan Malaysia dan Thailand yang sama-sama hanya 0,2 persen.

Fakta #9. Rata-rata penetrasi e-commerce di 6 negara besar Asia Tenggara hanya 0,2 persen. Angka ini jauh lebih rendah dibandingkan China yang mencapai 8 persen dan Amerika 8,7 persen.

Fakta #10. Indonesia memiliki potensi pertumbuhan e-commerce terbesar di Asia Tenggara disusul oleh Malaysia dan Thailand. (bersambung)

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment