an

Mudahnya Menghemat Tagihan Listrik Apartemen


Sumber: i.kinja-img.com

Tagihan listrik adalah salah satu pengeluaran wajib untuk tempat tinggal, baik itu rumah maupun dalam apartemen. Meski pemakaiannya dalam kehidupan modern sudah tak bisa dihindari lagi, ternyata ada beberapa langkah mudah yang bisa membantu dalam menghemat tagihan listrik.

Cabut saat tak digunakan
Dalam hal ini, termasuk juga untuk selalu mematikan lampu yang tak terpakai. Oke lah, mungkin memang ada pengecualian untuk beberapa alat seperti misalnya, kulkas. Tapi bagaimana dengan charger hp, toaster roti, hair dryer, modem dan router, microwave, AC, box TV kabel, dan hal-hal kecil lainnya saat Anda sedang di luar apartemen?

Dinginkan secara alami
Harus diakui, salah satu pemakaian listrik terbesar datang dari pemakaian AC (air conditioner). Memang, ada kalanya cuaca begitu panas sehingga tak mungkin untuk tidak menyalakan AC. Tapi, apabila cuaca cukup bersahabat, cobalah sesekali untuk membuka jendela apartemen. Tak perlu lebar-lebar kok, secukupnya saja.

Bersihkan/ganti filter AC
Masih tentang seputar AC. Filter dalam AC bertugas untuk menahan debu dan kotoran agar tak tertiup ke dalam udara. Secara logika, debu dan kotoran yang sudah menumpuk dapat menghalangi kerja AC sehingga membuatnya bekerja lebih keras dan membutuhkan tenaga listrik yang lebih besar. Mengganti/membersihkan filter AC ternyata dapat menjaga kesehatan paru-paru dan isi dompet.

Upgrade
Jika ada dana berlebih, ada baiknya mengganti beberapa alat-alat yang telah usang dengan yang lebih baru. Biasanya, alat-alat listrik yang lebih baru mempunyai efisiensi energi yang lebih baik. Tak perlu yang macam-macam kok, cukup beberapa alat seperti komputer, TV, hair dryer/straightener, toaster roti, blender, atau bahkan bola/bohlam lampu.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment