an

Tips Berbelanja Aman via Internet


Online Marketplace Indonesia | Marketplace Indonesia
Sumber: inspiringwomen.co.za

Berbelanja online saat ini memang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Dengan berbelanja online, pembeli merasa proses belanja jauh lebih cepat dan nyaman. Sayangnya, hasil survei dalam Identity Fraud Survey Report yang dilakukan Javelin Strategy & Research menemukan 40 persen dari semua korban pencurian identitas yang disalahgunakan merupakan orang yang pernah melakukan pembelian secara online, dibandingkan hanya 13 persen yang melakukan pembelian melalui telepon ataupun surat.

Supaya Anda tidak menjadi salah satu korbannya, berikut beberapa tips mudah berbelanja aman di e-commerce maupun marketplace Indonesia. 

1. Pilihlah penjual yang memiliki reputasi baik. Jika Anda tidak yakin dengan penjual tertentu, Anda dapat memeriksa mereka dengan melakukan pencarian online. Beberapa situs online marketplace Indonesia misalnya, menyediakan informasi mengenai penjual atau vendor serta rating mengenai produknya dan komentar para pembeli.

2. Perhatikan keamanan. Ketika Anda berencana untuk membayar menggunakan kartu kredit atau sistem pembayaran lainnya, pastikan alamat halaman web Anda dimulai dengan "https" bukan "http". 

3. Bayar menggunakan kartu kredit. Kartu kredit menawarkan perlindungan mengenai pencurian identitas, sementara kartu kredit tidak memiliki sistem tersebut. 

4. Berbelanja dari rumah. Berbelanja dari rumah cenderung lebih aman. Dengan menggunakan komputer rumah, Anda bisa mengetahui siapa saja yang mengakses komputer tersebut. Jika Anda mengakses komputer dari kantor atau warnet, Anda tidak memiliki kontrol siapa saja yang menggunakannya. 

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment