an

Waspadai Penyebab Katarak pada Anak


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: stantonoptical.com

Banyak orang yang berharap anak-anak mereka terlahir sempurna. Namun, katarak pada bayi (katarak kongenital = bawaan) memang penyakit yang jarang ditemukan, atau hanya 0,4 persen dari kelahiran hidup. Lantas, mengapa hal ini bisa terjadi, padahal mata katarak merupakan penyakit orang tua?

1. Idiopatik. Ada beberapa anak yang terlahir dengan mata katarak tanpa ditemukan penyebabnya. Oleh karena itu, mereka digolongkan anak dengan mata katarak akibat masalah genetik atau warisan.

2. Infeksi selama kehamilan. Rubella (campak Jerman), Varicella (cacar), Herpes Simplex (virus), Cytomegalovirus  dan Toksoplasmosis adalah infeksi yang kerap dialami ibu hamil, dan terkadang menjadi penyebab anak mengalami mata katarak.

3. Prematur. Katarak kadang-kadang berkembang pada mata yang memiliki retina rusak akibat retinopati prematuritas, yang akhirnya mempengaruhi kondisi mata bayi.

Pengobatan katarak pada bayi sama dengan pengobatan katarak pada orang dewasa. Karena, hingga saat ini katarak hanya bisa disembuhkan melalui operasi. Oleh karena itu, ibu harus perhatian terhadap anaknya. Soalnya di jaman modern ini, banyak ibu yang bekerja sehingga kurang mengetahui kondisi anaknya. Sebagaian besar dari mereka, mengetahui kekurangan anaknya justru dari  orangtua, saudara atau tetangganya.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment