an

Rantai Motor dan Perawatannya


Sumber: diytrade.com

Salah satu bagian paling vital dari sepeda motor Anda adalah pada rantai dan gear-nya. Rantai yang bersih dan terawat dipercaya dapat mentransfer energi dari mesin ke roda secara optimal. Oleh karena itulah, luangkan waktu untuk selalu memeriksa kondisi mereka.

Membersihkan dan melumasi rantai motor dengan chain lube terbukti dapat memperpanjang umur penggunaan. Jika kita estimasikan dalam angka, kurang lebih tiap sekitar 500 kilometer adalah angka yang tepat untuk mengganti rantai motor Anda. Secara rutin, jangan lupa juga untuk mengecek kebersihan rantai agar terhindar dari tanah, kerikil-kerikil kecil maupun kotoran lainnya.

Sebelum melumasi rantai dengan chain lube, ada baiknya kita bersihkan dulu rantai dari sisa minyak/oli (gemuk) maupun kotoran lain yang telah menempel. Apabila kondisi rantai masih dalam keadaan bagus, Anda cukup menggunakan air sabun untuk membersihkannya. Gunakan kuas lembut untuk menggosok rantai sambil memutarkan ban belakang. Lalu gosoklah rantai dengan kain bersih agar semua kotoran terbawa dan biarkan rantai hingga kering dengan sendirinya. Setelah itu, rantai motor Anda siap untuk dilumasi.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment