an

Tips Membersihkan Karburator


Sumber: motorward.com

Karburator memegang peranan penting dalam sebuah mesin mobil. Tanpa bantuan karburator, mesin kendaraan Anda takkan berfungsi sempurna. Peran karburator dalam membantu proses pembakaran hasil kombinasi bensin dengan udara, bisa menentukan performa mesin dari sebuah kendaraan.

Sebelum mulai membersihkan karburator, kenali dulu karakter karburator mesin mobil Anda karena semua karburator bervariasi dalam bentuk, ukuran dan desain. Lebih aman untuk mempelajari user manual atau petunjuk pemeliharaan mobil agar Anda tahu persis bagaimana cara melakukan proses ini. Saat ini banyak sekali produsen bahan kimia untuk perawatan karburator kendaraan bermotor yang bisa menjadi pilihan. Gunakan larutan pembersih yang baik untuk benar-benar meremajakan bagian-bagian perangkat dalam karburator. Ini akan membersihkan sisa bahan bakar yang sudah lama menempel, kotoran dan setiap noda yang mungkin berasal saat mesin mobil digunakan.

Semua celah dan port harus bersih untuk memastikan aliran bahan bakar dan udara berjalan baik. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan kompresor udara yang mempunyai tenaga cukup untuk menghilangkan noda serta kotoran. Jangan mengganti dengan peralatan lainnya. Jika Anda tidak memiliki alat pembersih yang benar, cobalah untuk membeli salah satunya terlebih dahulu daripada mencoba-coba alat bantu alternatif karena hal tersebut bisa merusak kalibrasi karburator.

Bahan yang Anda butuhkan dalam tugas ini, adalah manual book kendaraan, kain, semprotan pembersih, sarung tangan, mangkuk, tusuk gigi, kunci pas, serta obeng. Membersihkan karburator dengan rutin terbukti dapat meningkatkan efisiensi mesin mobil. Selamat mencoba!

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment