an

Tanda-tanda Rantai Motor Sudah Harus Diganti


Sumber: blinkenbyte.org

Tiap rantai motor mempunyai umur atau masa pakai yang spesifik. Namun bagaimana cara menilai rantai motor Anda telah usang? Jika rantai motor dapat membentang lebih dari yang seharusnya, sudah saatnya rantai tersebut diganti. Kondisi gir rantai yang sudah terlihat seperti sekelompok kait-kait kecil juga mengharuskan Anda untuk mengganti bagian tersebut.

Hal lain yang memperkuat alasan rantai atau gir rantai telah usang adalah sambungan-sambungan rantai yang sudah terlalu ketat. Kondisi tersebut kemungkinan besar terjadi karena kurangnya pemakaian pelumas rantai (chain lube).

Cara yang paling umum dalam memeriksa kondisi rantai adalah dengan mengukur tingkat kendurnya. Saat rantai aus perlahan seiring pemakaian, alur yang ada di gir terkikis sedikit demi sedikit. Pada dasarnya tak ada satupun rantai yang pasti tingkat kekendurannya, sehingga hasil pengukuran kendur tidaknya sebuah rantai memang bervariasi.

Alasan lain Anda harus segera mengganti rantai motor adalah jika perbedaan ruang antara spot yang ketat dan yang yang longgar di rantai sudah sangat melebar. Pada kondisi ini, sesegera mungkin ganti rantai motor Anda karena perbedaan ruang di tersebut bisa menyebabkan tekanan yang besar pada gir rantai.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment