an

Nutrisi dan Katarak


Sumber: prwg.co.uk


Anda yang mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran dapat menjaga kesehatan mata. Pada gilirannya, Anda bisa terbebas dari kebutaan akibat mata katarak di masa tua.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dianggap ampuh melawan perkembangan katarak. The American Optometric Association (AOA) melaporkan, vitamin C dapat memperlambat perkembangan mata katarak. Pria disarankan mengonsumsi sekurangnya 90 mg vitamin C setiap hari, sementara wanita memerlukan 75 mg per hari. Bagi perokok, Anda diwajibnya mendapatkan tambahan 35 mg vitamin C per hari. Brokoli, jeruk, stroberi, tomat, melon, pepaya dan paprika hijau merupakan sumber vitamin C yang baik.

Jangan lupa untuk meningkatkan pengonsumsian makanan yang kaya carotenoid. Antioksidan ini banyak dijumpai dalam buah dan sayuran berwarna merah atau oranye. Menurut hasil penelitian di Beth Israel Deaconess Hospital di Boston, semakin tinggi seseorang mengonsumsi beta karoten (jenis dari caretenoid), maka semakin rendah terkena mata katarak dan penyakit mata lainnya. Carotenoid dapat dijumpai dalam wortel, tomat, labu dan persik.

Konsumsilah makanan-makanan bernutrisi untuk menjaga kesehatan mata. Pengobatan katarak jauh lebih mahal dibandingkan pencegahannya.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment