an

Perlukah Operasi Lasik Pada Usia Dini?


Sumber: sg.theasianparent.com

Operasi mata Lasik, sebuah prosedur mengganti bentuk kornea mata untuk menyembuhkan masalah penglihatan seperti Rabun Dekat dan Rabun Jauh, telah menjadi cara yang makin hari makin populer saja di dunia kesehatan mata. Sejak Lasik (Laser-assisted In-situ Keratomileusis) sangat efektif untuk membantu orang terbebas dari ketergantungan akan kacamata dan contact lens, para orang tua mulai bertanya-tanya apakah Lasik juga aman dan bisa membantu problem kesehatan mata anak-anak mereka.

Masalah ini memang cukup kontroversial, namun pada kenyataannya ada beberapa kasus yang membuat para ahli bedah mata beranggapan jika operasi Lasik memang bermanfaat bagi anak-anak. Meski sebenarnya anak-anak bukanlah target utama Lasik, kondisi mata anak yang masih dalam masa pertumbuhan ternyata mampu terus berubah dan berkembang dari waktu ke waktu, meskipun sudah pernah melakukan operasi laser mata Lasik. Namun demikian, usia remaja hingga usia awal 20-an adalah usia yang disarankan oleh para ahli jika orang tua berpikiran untuk melakukan operasi Lasik pada anak mereka.

Lasik, bagaimanapun, telah memperlihatkan hasil bagus pada kondisi penglihatan anak usia dini, terutama pada kondisi mata anak yang mempunyai perbedaan drastis antara Rabun Dekat dan Rabun Jauh pada mata kanan serta kirinya. Pada kasus seperti ini, otak mungkin saja "memutuskan" untuk menutup salah satu jalur penglihatan pada salah satu mata hingga dapat menyebabkan kebutaan permanen. Masalah ini tak sepenuhnya bisa diatasi oleh penggunaan kacamata maupun contact lens sehingga operasi laser Lasik bisa menjadi pilihan yang amat tepat dan preventif.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment