an

4 Cara Hindari Katarak


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: eyecalcs.com

Pepatah mengatakan, mencegah lebih baik daripada mengobati. Sama seperti katarak, lebih baik kita mencegahnya dibandingkan harus mengeluarkan biaya mahal untuk pengobatan katarak. Supaya hal ini tidak terjadi, cari tahu bagaimana melindungi indera penglihatan Anda dari bahaya mata katarak.

1. Berhenti Merokok
Merokok merupakan faktor risiko yang mempercepat perkembangan katarak. Semua racun berbahaya dalam rokok akan masuk ke seluruh bagian tubuh dan menyebarkan bahaya oksidatif ke lensa mata dan bagian lain di mata. Oleh karena itu, berhenti merokok mampu menurunkan 20 persen risiko mata katarak.

2. Menghindari kontak langsung dengan sinar UV
Sinar ultraviolet diduga mengganggu lingkungan lensa mata karena ketika mata terpapar sinar UV secara langsung akan menyebabkan peningkatan suhu lensa. Tak hanya itu, sinar UV juga dapat menyebabkan kerusakan pada retina dan meningkatkan risiko degenerasi makula terkait usia. Jadi jangan lupa untuk menggunakan topi dan kacamata hitam saat beraktivitas di luar ruangan.

3. Perbaiki pola makan
Bahaya radikal bebas dan stres oksidatif dapat yang berasal dari polusi, asap rokok, paparan sinar matahari, konsumsi makanan tidak sehat, dapat diatasi dengan memakan makanan kaya antioksidan. Seperti, vitamin A (wortel, pepaya, aprikot), vitamin C (buah beri, tomat, jeruk), vitamin E (sayuran hijau, alpukat), zinc ( roti gandum, telur, kacang), lutein (kol, bayam, brokoli), zeaxanthin (timun, minyak sayur).

4. Hindari cidera sekitar mata
Melindungi mata dari trauma eksternal akan membantu menjaga kesehatan mata. Ketika terjadi cidera di mata, maka lensa bisa menjadi keruh. Makanya, gunakanlah kacamata pelindung, seperti saat berolahraga, bekerja dengan mesin atau menggunakan sabuk pengaman saat berkendara.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment